Customs Visit To Customer (CVC) Bea Cukai Malili Ke PT.Vale Indonesia

Sorowako (12/9) – Dalam membangun kerja sama yang lebih baik antara Bea Cukai dengan Stakeholder, Bea Cukai Malili dan Bea Cukai Kanwil Sulawesi Bagian Selatan mengadakan kegiatan Customs Visit Customers berkaitan perubahan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 109/PMK.04/2019 tentang Tata Cara Pengenaan Tarif Bea Masuk atas Barang Impor Berdasarkan Perjanjian atau Kerjasama Internasional. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis, 12 September 2019, bertempat di PT. VALE Indonesia Tbk. Sorowako, Sulawesi Selatan.

Narasumber pada acara CVC kali ini adalah Malinus Indra selaku Kepala Kepala Seksi Keberatan dan Banding Kanwil Bea Cukai Sulawesi Bagian Selatan dengan didampingi Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan, Agus Praminto dan Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai dan Dukungan Teknis, Eko Budiono dari Kantor Bea dan Cukai Malili.

Acara sesi pertama dimulai pada pukul 09.00 WITA, Malinus Indra memaparkan perubahan materi pada PMK Nomor 109/PMK.04/2019 adalah penambahan kerjasama bilateral dengan Chile-CEPA dan upgading protokol AC-FTA. Kegiatan dilanjutkan dengan sesi diskusi yang berjalan interaktif, banyak pertanyaan dan sharing pengalaman tentang legalitas SKA. Sosialisasi kali ini disambut positif oleh PT. Vale Indonesia Tbk. karena banyaknya importasi yang dilakukan dari negara Cina dengan banyak menggunakan pengurangan tarif preferensi dari tarif Bea Masuk yang berlaku umum (MFN) dengan mekanisme SKA. Untuk sesi kedua dimulai pukul 13.00 WITA dan selesai pukul 16.00 WITA.

Di akhir acara, Malinus menyampaikan terima kasih kepada PT. Vale Indonesia Tbk. telah memberikan fasilitas dalam kegiatan CVC kali ini. Agus Praminto dan Eko Budiono bersedia menfasilitasi apabila kedepannya ada permasalah, dan berharap semoga kegiatan ini bermanfaat sehingga bisa saling mensupport satu sama lain.

#CustomsVisitCustomer #MakinBaik #PTValeIndonesia
#BeacukaiSulbagsel #BeacukaiMalili #Sosial